ANA YUNITASARI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
BIMTEK LITERASI TULUNGAGUNG
SEMANGAT BERLITERASI

BIMTEK LITERASI TULUNGAGUNG

Pada tanggal 21 sampai 23 Oktober 2019, diadakan Pembinaan Gerakan Literasi Sekolah. Pembinaan ini dilaksanakan di Barata Convention Hall Tulungagung. Pembinaan ini di ikuti oleh lebih dari 90 guru guru SMP negeri dan swasta di Kabupaten Tulungagung. Tak hanya itu, beberapa siswa dari SMP Negri juga ikut terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 8 sampai 3 sore. Di hari pertama, Ibu Aprilia Susanti yang merupakan narasumber GLS. Kita di perkenalkan apa itu Literasi, pentingnya literasi di sekolah, serta cara meningkatkan literasi di sekolah. Tak hanya itu, Narasumber juga mejelaskan tentang Exrtensive Readingyang merupakn teori dari Literasi. Di samping itu, Narasumber juga menjelaskan tentang catatan harian. Di penghujung acara, narasumber meminta peserta pembinaan (guru dan siswa) untuk membuat catatan harian di selembar kertas.

Narasumber pada hari kedua tanggal 22 Oktober ini, adalah Ibu Tuti Haryati. Di hari kedua ini materi pembinaan tentang puisi. Di hari kedua, kami di ajarkan bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar. Pada hari kedua ini, peserta pembinaan di minta untuk membuat puisi akrostik dan puisi Haiku. Peserta di wajibkan membuat puisi akrostik sesuai dengan nama masing-masing dengan tema bebas. Selain membuat puisi, di sesi kedua, peserta diminta membedah buku favort yang telah di bawa dari rumah. Masing-masing kelompok di minta untuk membuat resume di salah satu bab. Di akhir acara, masing-masing grup mempresentasikan hasil resume masing-masing. Sebelum mempresentasikan, setiap grup wajib menyanyikan yel-yel yang telah di but.

Pada hari ketiga, tanggal 23 Oktober 2019, tetap dengan narasumber yang sama, Ibu Tuti Hayati. Hari ini adalah hari terakhir pembinaan gerakan literasi. Di hari ketiga ini beliau menjelaskan seputar cerpen. Masing-masing peserta diminta untuk membuat cerpen dengan tema bebas. Peserta begitu antusias untuk membuat cerpen. Tak disangka, meskipun yang mengikuti ada juga yang bukan guru bahasa Indonesia, ternyata semua juga bisa menghasilkan sebuah tulisan.

SEMANGAT LITERASI..... LITERASI PASTI BISA....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search